Beberapa Tips Agar Mudah Tidur Tenang

oleh -35.085 views
JAKARTA | KILATINFO – Bagi banyak orang tidur mungkin sesuatu yang alami, namun beberapa dari kita membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur. Nah disini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda tidur sedikit lebih nyenyak, Rabu (9/2/2022).

Beberapa tips yang dapat membantu Anda agar mudah tidur dengan tenang dan santai dapat dilakukan dengan cara seperti dibawah ini.

Dikutip dari Female First, Jum’at (21/1/2022), beberapa tips yang akan membantu Anda tidur lebih tenang yakni, memiliki tempat tidur yang cocok untuk Anda sebagai pribadi agak penting dalam hal menginginkan (dan membutuhkan) istirahat malam yang baik.

Jadi menemukan tempat tidur dengan kelembutan dan ketebalan yang ideal lebih penting daripada yang Anda pikirkan. Jika Anda memilih kasur baru, luangkan waktu Anda dan coba bayangkan diri Anda tidur di dalamnya. Tempat tidur Anda harus berada di tempat yang paling nyaman bagi Anda di rumah.

Kalau Anda berjuang untuk menjauh di siang hari, tidak ada salahnya minum kopi atau minuman energi untuk membawa Anda hingga penghujung hari, tetapi terlalu banyak kafein di malam hari dapat memiliki efek negatif.

Tidur malam yang nyenyak bisa lebih efektif daripada minum beberapa cangkir kopi di siang hari. Ketika menjelang malam, usahakan untuk tidak minum apapun yang mengandung kafein, karena akan mengganggu tidur Anda di malam hari.

BACA..  Bank BTN Gelar Indonesia Property Expo

Nah, kalau Anda merasa seperti mendambakan kopi atau minuman bersoda, mungkin cobalah versi tanpa kafein; kopi tanpa kafein masih memiliki rasa yang enak tetapi tanpa efek membuat Anda terjaga sepanjang malam.

Apabila Anda memiliki pekerjaan penuh waktu, tidur pada waktu yang sama setiap malam (atau hampir setiap malam) akan memberikan manfaat besar pada tidur Anda, ini memprogram Anda untuk tidur lebih nyenyak.

Hal terbaik untuk dilakukan, jika Anda bisa, adalah mengatur waktu untuk berada di tempat tidur setiap malam. Namun, jika Anda tidak memiliki jam kerja yang teratur untuk membantu Anda mempertahankan jadwal tidur yang teratur, maka ini mungkin sedikit lebih sulit.

Memang ini mungkin terdengar kekanak-kanakan, tetapi jika Anda kesulitan untuk tidur, semakin sering Anda pergi ke tempat tidur pada waktu yang sama, tubuh Anda akan semakin terbiasa dengan kelelahan pada waktu itu, sehingga membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Dan berjalan-jalan sebentar atau joging juga dapat membantu Anda melepaskan beberapa ketegangan yang mungkin telah Anda bangun, tetapi berhati-hatilah untuk tidak melakukannya terlalu dekat dengan saat Anda berencana untuk pergi tidur.

BACA..  Bank BTN Gelar Indonesia Property Expo

Jika melakukan olahraga (berat) sebelum tidur dapat membuat pikiran Anda aktif untuk sementara waktu, sehingga membuat Anda lebih sulit untuk tidur. Misalnya melakukan yoga mungkin lebih baik sebelum tidur, karena perlahan-lahan membuat Anda rileks.

Seperti ungkapan ‘rumah yang jernih, pikiran yang jernih’ dapat digunakan dengan sempurna di sini. Kalau rumah Anda, terutama kamar tidur Anda, adalah tempat yang tenang dan santai, Anda akan cenderung merasa lebih rileks dan lebih mudah tertidur.

Dan mungkin Anda bisa berinvestasi dalam lampu matahari terbenam, yang dirancang untuk memudahkan Anda tidur, beberapa tanaman untuk mengoksidasi dan melepaskan stres di kamar tidur Anda dan, yang paling penting, pastikan Anda mengisi ruang ini dengan hal-hal yang Anda sukai, menciptakan tempat yang lebih bahagia yang ingin Anda habiskan lebih banyak waktu di.

Penting juga untuk menjaga ruang ini tetap bersih dan rapi, karena ini akan memudahkan Anda untuk tidak stres karena kekacauan apa pun, dan akan membuat Anda bebas stres. Memastikan bahwa Anda bersantai di malam hari, terutama setelah hari yang sangat menegangkan, tidak diragukan lagi akan membuat Anda lebih mudah tidur.

BACA..  Bank BTN Gelar Indonesia Property Expo

Dapat juga dilakukan pencarian kata atau teka-teki silang, membaca buku atau bahkan melakukan rutinitas yoga singkat dapat melakukan keajaiban untuk menenangkan pikiran Anda, dan membiarkan diri Anda rileks setelah terjaga sepanjang hari.

Hal yang mudah dilakukan adalah sempurna sebelum Anda pergi tidur, saat pikiran Anda rileks dan menyadari bahwa Anda akan segera tidur. Jika Anda merasa seolah-olah Anda tidak tidur karena stres, khawatir atau cemas, mengapa tidak membuat buku harian kekhawatiran?

Nah buku harian kekhawatiran adalah alat yang sempurna untuk membantu menghilangkan masalah Anda. Beli buku pilihan Anda, dan mulailah mencatat apa yang mengganggu Anda, bersama dengan beberapa solusi yang mungkin (jika Anda mau).

Beberapa tips ini dilakukan sebelum tidur akan menghilangkan kekhawatiran ini dari pikiran Anda, dan memungkinkan Anda untuk tidur lebih nyenyak.

Perlu diketahui, kiat-kiat ini mungkin tidak bekerja untuk semua orang, dan dimaksudkan sebagai saran. Jika Anda berpikir Anda mungkin menderita insomnia, silakan berbicara dengan dokter umum Anda. (int)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.